Thursday, January 21, 2010

filosofi teman seperti apa....



tiapa orang pasti memiliki filosofi teman masing-masing ada pula yang sekedar ikut dan tidak peduli dengan filosofi teman. banyak pula movie serta film-film pendek yang memiliki cerita dan terinspirasi dari 1 kata itu "teman" dan hingga seni musik juga kadang mengangkat musik dengan lirik-lirik "teman" yang paling banyak mengucap dan mengakar adalah di bidang puisi.... teman serta sahabat. tapi apa sih sebenarnya arti teman itu yang sebenarnya... apa teman itu selalu ada ketika kita membutuhkan/teman itu harus ada ketika mereka senang atau sedih/semua itu apa se-real di kehidupan kita. baik di film, musik, puisi apa itu benar-benar nyata apa kisah pemanis saja?
ketika aku buka binder ( buku lama ) aku melihat tulisan di pojok kiri bawah hanya simpel berbunyi :
A friend in need is a friend indeed

Arti
Ini adalah salah satu kalimat dalam bahasa yang menarik karena ada berbagai penafsiran dari makna. Pertama, apakah 'seorang teman di butuhkan adalah teman sejati' atau 'teman di butuhkan adalah seorang teman di perbuatan'. Jelas, yang akan memiliki bantalan pada makna.
Yang 'membutuhkan' adalah juga terbuka untuk interpretasi - apakah itu 'seorang teman (bila Anda) yang membutuhkan' atau 'seorang teman (yang adalah) membutuhkan'. Jika yang pertama, maka frase berarti: "seseorang yang membantu Anda ketika Anda berada di butuhkan adalah teman sejati '.Jika yang terakhir, itu adalah 'seseorang yang membutuhkan bantuan Anda menjadi ramah terutama untuk mendapatkannya'.
Jadi, yang memberi kita empat pilihan:
1. Seorang teman, (bila Anda berada) di butuhkan, memang seorang sahabat sejati. ( 'memang')
2. Seorang teman, (bila Anda) yang membutuhkan, adalah seseorang yang siap untuk bertindak untuk menunjukkan hal itu ( 'dalam perbuatan')
3. Seorang teman, (yang) yang membutuhkan, memang seorang sahabat sejati. ( 'memang')
4. Seorang teman, (yang) yang membutuhkan, adalah seseorang yang siap untuk bertindak untuk menunjukkan hal itu ( 'dalam perbuatan')
Makna asli dapat diatasi sampai tingkat tertentu oleh bukti dokumenter - lihat di bawah. Meskipun demikian, tidak ada jelas benar atau salah di sini dan ini adalah ungkapan yang mungkin kita menyimpulkan arti dari konteks ketika kita pertama kali mendengarnya. Mana saja dari opsi di atas pada awalnya kita memilih untuk akan memperkuat pemahaman kita mengenai frase; mungkin selamanya, jika berapi-api yang saling bertentangan mail saya mengenai hal ini adalah sesuatu untuk pergi oleh.

Asal
Sebuah versi dari peribahasa ini dikenal dengan abad ke-3 SM. Quintus Ennius menulis: "Amicu certus di re incerta cernitur '. Ini diterjemahkan dari bahasa Latin sebagai 'teman pasti dikenal ketika dalam kesulitan'.
Oxford Dictionary of Quotations daftar sebagai yang ada dalam bahasa Inggris dari abad ke-11. Versi paling awal saya dapat menemukan adalah dari Caxton's Sonnes dari Aymon, 1489:
"Ini adalah sayd, bahwa pada frende adalah nede yang knowen."
Bermain Everyman moralitas juga mengandung baris yang sama. Drama tanggal tidak pasti dan tempat sarjana sebagai 'akhir abad ke-15', yang bisa sebelum Caxton pekerjaan:
Fellowship: Sir, aku mengatakan seperti yang akan saya lakukan dalam perbuatan.
Everyman: Lalu akan Anda teman yang baik di butuhkan;
Pada abad ke-16, ketika pepatah tercatat di John Heywood's A Dialog Conteynyng Prouerbes dan Epigrammes, 1652:
Buktikan [yaitu menguji] teman-Mu sebelum [sebelum] kamu memerlukan, tetapi di-perbuatan
Seorang teman tidak pernah dikenal sampai seorang laki-laki memiliki kebutuhan.
Sebelum saya butuhkan, saya yang paling sekarang musuh
Sepertinya saya yang paling teman-teman, tetapi dunia sehingga pergi
Jadi, apa bukti menunjukkan dalam hal makna aslinya? Ennius 'teks ambigu dan, menjadi kemudian terjemahan, tidak dapat dianggap sebagai sumber asli dari frase dalam bahasa Inggris. Versi Caxton juga tidak membantu. The Everyman bermain lebih jelas dalam penafsiran maksud dan mendukung 2. Syair Heywood tidak dapat dianggap sebagai makna asli sebagai kutipan lain mendahului. Hal ini perlu dipertimbangkan meskipun sebagai Heywood adalah perekam dari peribahasa tak kenal lelah, sebagaimana dipahami di Inggris pada abad ke-17. Aman untuk mengatakan bahwa, apa pun pandangan kita miliki sekarang, pada tahun 1652 baik 1 atau 2 adalah makna yang diterima.
Baik muncul 3 atau 4 harus didukung oleh teks-teks awal dan, karena mereka tidak secara luas baik diadakan hari ini, tampaknya aman untuk diskon mereka. Pada neraca bukti, interpreation 2, yaitu 'seorang teman, ketika anda membutuhkan, adalah seseorang yang siap untuk membuktikan persahabatan mereka dengan perbuatan mereka ", memiliki klaim yang terbaik untuk menjadi makna asli dari frase.
Sebuah mencari materi berbasis web menunjukkan bahwa 'seorang teman yang membutuhkan adalah teman sejati' memiliki sekitar dua kali mata uang publik sebagai 'teman di butuhkan adalah seorang teman di perbuatan'. Mereka yang membela yang terakhir mungkin benar, tetapi mereka akan mengalami kesulitan mengubah pikiran 'memang' kontingen.

apa teman seperti itu ??? itu diartikan menurut bahasa indonesia / makna dari logika bahasa!!!
ada pula yang bisa di ambil pembelajaran yang baik dari alam dan  binatang sekitar kita, banyak filosofi muncul dari alam baik tentang cinta, kasih, persahabtan,teman dan semua pasti ada dalam alam itu karena alam adalah sumber inspirasi bagi manusia.







A friend in need is friend indeed 

Kalau anda tinggal di negara 4 musim, maka pada musim gugur, akan terlihat rombongan angsa terbang ke arah selatan untuk menghindari musim dingin.
Angsa-angsa tersebut terbang dengan formasi berbentuk huruf “V”. Kita akan melihat beberapa fakta ilmiah tentang mengapa rombongan angsa tersebut terbang dengan formasi “V”.
===========================
Fakta:
Saat setiap burung mengepakkan sayapnya, hal itu memberikan “daya dukung” bagi burung yang terbang tepat dibelakangnya. Ini terjadi karena burung yang terbang di belakang tidak perlu bersusah-payah untuk menembus ‘dinding udara’ di depannya. Dengan terbang dalam formasi “V”, seluruh kawanan dapat menempuh jarak terbang 71 % lebih jauh daripada kalau setiap burung terbang sendirian.

Pelajaran:
Orang-orang yang bergerak dalam arah dan tujuan yang sama serta saling membagi dalam komunitas mereka dapat mencapai tujuan mereka dengan lebih cepat dan lebih mudah. Ini terjadi karena mereka menjalaninya dengan saling mendorong dan mendukung satu dengan yang lain.
===========================
Fakta:
Kalau seekor angsa terbang keluar dari formasi rombongan, ia akan merasa berat dan sulit untuk terbang sendirian. Dengan cepat ia akan kembali ke dalam formasi untuk mengambil keuntungan dari daya dukung yang diberikan burung di depannya.

Pelajaran:
Kalau kita memiliki cukup logika umum seperti seekor angsa, kita akan tinggal dalam formasi dengan mereka yang berjalan didepan. Kita akan mau menerima bantuan dan memberikan bantuan kepada yang lainnya. Lebih sulit untuk melakukan sesuatu seorang diri daripada melakukannya bersama-sama.
===========================
Fakta:
Ketika angsa pemimpin yang terbang di depan menjadi lelah, ia terbang memutar ke belakang formasi, dan angsa lain akan terbang menggantikan posisinya.

Pelajaran:
Adalah masuk akal untuk melakukan tugas-tugas yang sulit dan penuh tuntutan secara bergantian dan memimpin secara bersama. Seperti halnya angsa, manusia saling bergantung satu dengan lainnya dalam hal kemampuan, kapasitas, dan memiliki keunikan dalam karunia, talenta atau sumber daya lainnya.
===========================
Fakta:
Angsa-angsa yang terbang dalam formasi ini mengeluarkan suara riuh-rendah dari belakang untuk memberikan semangat kepada angsa yang terbang di depan sehingga kecepatan terbang dapat dijaga.

Pelajaran:
Kita harus memastikan bahwa suara kita akan memberikan kekuatan. Dalam kelompok yang saling menguatkan, hasil yang dicapai menjadi lebih besar. Kekuatan yang mendukung (berdiri dalam satu hati atau nilai-nilai utama dan saling menguatkan) adalah kualitas suara yang kita cari. Kita harus memastikan bahwa suara kita akan menguatkan dan bukan melemahkan.
===========================
Fakta:
Ketika seekor angsa menjadi sakit, terluka, atau ditembak jatuh, dua angsa lain akan ikut keluar dari formasi bersama angsa tersebut dan mengikutinya terbang turun untuk membantu dan melindungi. Mereka tinggal dengan angsa yang jatuh itu sampai ia mati atau dapat terbang lagi. Setelah itu mereka akan terbang dengan kekuatan mereka sendiri atau dengan membentuk formasi lain untuk mengejar rombongan mereka.

Pelajaran:
Kalau kita punya perasaan, setidaknya seperti seekor angsa, kita akan tinggal bersama sahabat dan sesama kita dalam saat-saat sulit mereka, sama seperti ketika segalanya baik!
catatan kecil pula, manusia bisa jadi mulia bahkan melebihi malaikat, tapi bisa juga hina lebih rendah dari hewan bahkan lebih hina dari setan. 
soalnya hewan aja masih mau menolong teman-nya nah manusia bahkan sampai minta tolong 1000x (bukan tolong lagi bahkan Tolooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooog 1000X) aja sering kali (ingat bukan kadangkala tapi sering) ngak mau nolong. 
dan apa sih bedanya teman atau sahabat??? apa dua kata yang beda itu memiliki satu makan atau  beda kata beda makna..




Teman dan sahabat, apa bedanya. Menurut saya jelas keduanya sangat berbeda. Dari susunan kalimatnya saja sudah jauh berbeda. Kalau menurut Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer” teman mempunyai makna sebagai ”sesama teman harus saling membantu”. Sedangkan sahabat atau persahabatan, masih menurut kamus itu adalah ”persahabatan yang kekal tidak akan bisa dibeli dengan uang”.
Coba saya sedikit ngasih analisa tentang dua pengertia diatas, dan juga akan saya coba bandingkan dengan kehidupan nyata di dunia ini. Pertama teman, sesama teman harus saling membantu. Saya tidak sepenuhnya setuju dengan pengertian ini, karena menurut saya kenyataannya bahwa teman tidak seperti itu. Teman menurut saya lebih pada pengertian yang sempit. Seperti teman bermain, teman bekerja, teman tidur dan teman-teman yang lain, hanya sebatas teman. Teman bermain ya hanya teman bermain saja, teman bekerja ya hanya teman bekerja saja. Pertemanan hanya sebatas ruang lingkup itu saja, dan kalau sudah diluar itu maka bisanya tidak akan ada hubungan apa-apa lagi. Biasanya teman tidak akan atau tidak mau merasakan apa yang sedang di rasakan oleh teman yang lainnya. Mereka cenderung tidak mau peduli, walapun tidak semuanya seperti itu.
Namun dari sekian teman itu, ada satu teman yang sangat bagus yaitu teman hidup. Namanya saja teman hidup, berarti susah senang akan dilalui bersama. Teman hidup di sini saya bisa mengartikannya sebagai jodoh (isteri atau suami). Kalau teman yang satu ini pasti akan berbeda dengan teman-teman yang lain.
Selanjutnya persahabatan, ”persahabatan yang kekal tidak akan bisa dibeli dengan uang”.Saya setuju dengan ini, karena memang persahabatan harus seperti itu. Dan kalau boleh saya kasih tingkatan, teman dulu baru persahabatan. Untuk mencari sahabat ini sangat susah, jujur sampai saat ini saya belum menemukan di dunia ini arti sebuah persahabatan. Saya sering kali hanya menemukannya arti dari teman. Karena hanya sebatas teman. Persabahatan hampir sama dengan jodoh, namun kalau di sini bukan isteri atau suami kita. Sahabat biasanya mengerti betul apa yang kita rasakan, baik itu sedih atau duka. Sahabat akan membantu kita jika kita ada masalah, tidak melihat kita ada uang atau tidak, tidak melihat kita pinter atau tidak, tidak melihat kita cakep atau tidak, dan lain sebagainya dan lain sebagainya.
Mencari teman itu gampang, namun mencari sahabat itu sangat susah. Seperti di sebuah lirik lagu ”raja dangdut” mencari teman itu mudah apa bila untuk teman suka, mencari teman itu susah apa bila untuk teman duka. Benar pak haji, mencari teman itu mudah kalau untuk bersenang-senang. Kita punya duit, punya kendaraa, saya yakin gampang sekali mencari teman. Tetapi apabila kita sedang tidak ada duit cendrung mereka akan meninggalkan kita. Nah mencari teman untuk duka/susah itu yang paling susah. Mana ada teman yang mau diajak untuk susah, mana ada teman yang mau mengerti dengan masalah kita.
Hanya sahabat yang mengerti dan memahami kita. Baik di dalam susah atau senang. Hanya sahabat yang mau membantu kita di saat kita menemui persoalan.

selain itu kitab-kitab suci agama pun banyak yang menceritaka sosok sahabat dan teman, aku melihat betapa hebatnya dan setianya para sahabat  Rasulullah saw. banyak kisahnya yang mengambarkan setia, kalem, penasehat baik, rela apapun, pelindung, penyemangat yang jelas mulut berkata manis serta hatinya penuh dengan manisan..... subanallah......

1 comment:

  1. hidup adalah pilihan.
    begitu juga dengan sahabat, tentunya kita tau pasti dengan siapa kita bersahabat. walau dikemudian hari ianya mengecewakan kita itu sudah menjadi resiko hidup, karena pada dasarnya gak da manusia yang benar2 tau hati manusia lainnya.....

    ReplyDelete