Friday, January 22, 2010

seni itu hitam

Ga senior ga junior!!! Dosenpun ikut pula, what’z up dengan warna hitam! Etah mode gaya anak seni itu harus hitam apa mungkin itu identitas buat pelaku seni ( mahasiswa seni ) baik seni murni – seni modern. Seni lukis, seni music ( music underground metal ) rock abiz…..
Di kampusku masih banyak anak yang mengunakan warna hitam ( black ) jarang seklai ada anak yang memekai kaos yang berwarna warni atau yang kontras. Ya paling para anak cewek saja itu pun bisa dihitung!!! Ditambah karyawan ( jelaslah mereka pakai sragam warna biru kantor dan plus satpam serta OB ).
Tak ada alasan jelas para anak seni memakai warna hitam, identitas dan sudah hak paten ya anak seni memakai baju item-item. Hitam itu memiliki arti yang berbeda-beda ada yang bilang hitam itu keren, berwibawa, beradat, mempunyai arti komunitas, dan sebuah ketegasan serta kuat.
Penasaran aku Tanya kepada mbah google dan  ketemulah di om wiki :
Hitam dalam definisi ideal adalah representasi ketidakhadiran sedikit pun warna atau cahaya di dalam sebuah ruang gelap. Dalam fotografi, hal ini berarti ketidakmampuan film atau sensor menangkap cahaya akibat intensitas pembakaran terlalu rendah. Hal ini bisa dicapai dengan melakukan pengukuran under exposure dalam penggunaan lightmeter.


Pengaruh
Dalam banyak kebudayaan, hitam sering diasosiasikan sebagai hal buruk. Misalnya istilah ilmu hitam atau gelap mata. Namun ditemukan pula pengaruh positif dari penggunaan hitam seperti memperlihatkan ketegasan.
Hitam juga bersifat kuat, sehingga tidak mudah dikotori warna lain. Cahaya yang mengenai bidang hitam cenderung terserap maksimal.
Warna hitam adalah warna yang paling dominan tapi bisa juga bermakna kegelapan

Fungsi
Hitam adalah standar penulisan huruf di atas kertas putih. Karena itu tinta hitam sering dijual terpisah oleh produsen printer, karena lebih sering habis dibanding warna lain.
Hitam juga digunakan untuk menaikkan value warna dalam sistem warna proses CMYK. Penambahan hitam dilakukan sesuai prosentase yang diinginkan.
Dalam seni rupa, hitam sering digunakan dalam penyajian karya, mengingat hitam yang didampingkan dengan warna lain mampu memperkuat kesan warna tersebut. Selain itu hitam sering digunakan sebagai cat ruangan yang sama sekali tidak boleh memantulkan cahaya, misalnya kamar gelap fotografi atau bioskop.
Koordinat  warna
Hex triplet = #000000 atau #000
RGB    (r, g, b)    =  (0, 0, 0)

Hahahahah… hitam-hitam sungguh misteri!!!! Secara logika saja kenapa anak seni memakai kaos hitam, mungkin dai sejarahnya dulu di mulai bukan dari gaya tapi tuntutan saja. Kenapa menjadi tuntutan karena hitam itu warna dasar. Kan anak seni mesti terlibat dengan namanya cat dan hal-hal yang berbau warna cair. Agar baju itu tetap awet dang a kelihatan kotor ( kan anak seni juga ada yang jarang cuci alias malas malas )  jadinya buat kamuflase saja hehehehe…. Biar kotonya ga kelihatan…
Dari awal itu, anak seni takut kotor tapi ga mau bersih-bersih ( seakrang minoritas sih ) seakrang banyak anak seni yang bersih, rapid an wangi.  Karena tuntutan seakrang bukan dulu. Jadinya itu jadi sebuah komunitas dan sudah mendarah daging jiwa seninya. Dan 1 lagi hitam kan menyerap cahaya, jadinya kalau jemur pakain jadi cepet… kan baju itemnya hoky (only one) jadi cuci-kering-pakai seterusnya….
Dari situ ada yang memodifikasi sendiri ( jeh kayak kendaraan saja dimodifikasi) gaya masing-masing : dari gaya emo, gaya ninja, gaya-gayan….. macem-macem tapi tetep saja dasarnya warna hitam. So anak seni ga bisa terlepas dari warna hitam….
warna biru eh perawat
warna putih eh dokter
warna hijau loreng eh tentara
warna coklat eh polisi atau pramuka ya hehe
polisi kan abu-abu
lah lah.... kalau hitam.... ya senilah
We love black colour forever…….

No comments:

Post a Comment